Asyik… Naik Motor Aman dan Nyaman dengan Si Kecil

Jalan-jalan atau mengantar-jemput anak sekolah/les menggunakan motor memang sangat praktis. Anda dapat melewati jalanan yang ramai atau macet dengan lebih mudah karena bentuk tubuh si kuda besi ini memang tidak memakan banyak ruang. Akan tetapi, selain membantu Anda menembus kemacetan, mengendarai sepeda motor juga rawan mengalami kecelakaan daripada mengendarai kendaraan roda empat. Tentunya Anda yang membawa anak-anak dalam berpergian mengendarai sepeda motor ingin menghindari terjadinya kecelakaan, bukan? Nah… demi keselamatan dan kebaikan Anda, si kecil serta pengguna jalan lainnya, ada baiknya Anda melakukan hal-hal ini:

 

  1. Hindari Pemakaian Handphone saat Berkendara

Jangan pernah menggunakan handphone saat berkendara motor. Mengendarai motor perlu kedua tangan untuk terus berada di sistem kendali dan jika Anda bermain handphone, Anda otomatis akan membagi pikiran Anda dalam dua hal yaitu handphone dan jalanan. Hal ini sangat membahayakan karena dapat membuat Anda tidak konsentrasi penuh atas situasi jalanan atau apa yang ada di depan motor Anda. Jika memang dirasa perlu menggunakan handphone, Anda bisa menepi terdahulu dan memastikan Anda sudah berada di posisi yang aman. Hindari juga mendengarkan musik dengan keras menggunakan handsfree yang disambungkan ke handphone, karena Anda tidak akan mendengar klakson dari pengemudi lain yang ingin memberi tanda. Selain itu Anda juga tidak dapat mendengar suara si kecil, bila ia memanggil-manggil Anda karena tidak duduk dengan nyaman atau ingin sesuatu.

 

  1. Jangan Tinggalkan Anak Sendirian Di Atas Motor

Berbahaya sekali bila meninggalkan si kecil sendirian di atas motor, apalagi dalam kondisi mesin menyala, hal ini dapat menyebabkan kecelakaan. Selain itu, meninggalkan sikecil seorang diri beresiko anak terculik..

 

  1. Lengkapi Si Kecil dengan aksesoris Penunjang Keamanan

Hal yang tidak kalah penting sesudah memastikan Anda  aman dengan perlengkapan aman berkendara, Anda juga harus melengkapi si kecil dengan aksesori penunjang keamanan. Aksesori utama yang harus dimiliki oleh si kecil adalah helm, aksesori ini berfungsi melindungi kepalanya dari benturan. Kemudian pakaikan jaket agar sinar matahari atau angin tidak terus mengenai kulitnya dan masker untuk melindunginya dari asap, debu juga polusi udara di jalan. Anda juga bisa membeli sabuk pengaman anak yang didesain untuk keamanan serta kenyamanan si kecil agar tidak terjatuh bila tertidur karena terikat dengan tubuh kamu. Siapkan juga jas hujan di dalam jok motor untuk berjaga-jaga bila tiba-tiba hujan datang.

 

  1. Saat Anak Ditempatkan Di Depan

Baiknya anak duduk dengan posisi memeluk dari belakang dengan kedua kaki berpijak pada footpeg. Jika tidak bisa ditempatkan di belakang, pastikan anak yang duduk di depan tidak menyentuh sistem kendali yang nantinya mengganggu Anda berkendara ketika ingin menggas/mengerem.

 

Tips yang penting lagi adalah taati setiap peraturan lalu lintas, jaga emosi saat berkendara, jangan mengebut, dan berdoa! Ajari dan bimbing juga si kecil dari dini untuk mengetahui pentingnya setiap aksesori bagi keselamatannya agar dia bisa terbiasa mengenakan alat penunjang keselamatan tersebut dengan leluasa ketika besar nanti.

Selamat berkendara dengan penumpang cilik..

Share this Post!

About the Author : admin

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.